KIP KOTA LHOKSEUMAWE LANTIK 204 PPS

Photo Pelantikan_PPS
Penandatanganan Pakta Integritas dan berita acara sumpah janji oleh PPS yang mewakili masing-masing kecamatan.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, Syahril M. Daud pada Rabu, (07/03/2018) melantik 204 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Aula SMK Negeri 2 Lhokseumawe.

Dihadapan ratusan PPS, Syahril M. Daud menjelaskan jumlah anggota PPS yang dilantik akan mulai bertugas di 68 desa yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe. Masing-masing desa jumlah anggota PPS adalah sebanyak 3 orang untuk penyelenggara pemilu di tingkat desa.

Syahril berharap, anggota PPS yang baru dilantik harus bisa berkonsentrasi dalam menghadapi tantangan berat saat memasuki persiapan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang dilaksanakan secara serentak pada tahun 2019. “Kita sangat tidak ingin ada terjadinya masalah seperti gugatan dari pihak-pihak yang terlibat dalam pemilu.” Ujar Syahril M. Daud.

Dia meminta, anggota PPS nantinya agar mampu menjalankan tugas dengan loyalitas, integritas, profesional sesuai dengan aturan yang berlaku agar penyelenggaraan pemilu dapat terlaksana dengan lancar, damai dan demokrasi.

PPS adalah sebagai ujung tombak dari tingkat desa, jika dari tingkat PPS saja sudah rusak maka sampai tingkat pusat juga ikut rusak. Dan perlu diingat, kita bukan saja diawasi oleh Pengawas Pemilu (Panwaslu) tetapi juga turut diawasi oleh pihak lain seperti BIN, BAIS, TNI, Polisi, dan Media. Kami tidak mau penyelenggara terjerat dengan masalah gugatan di kemudian hari.

Sementara itu, Asisten I Kota Lhokseumawe T. Moch. Mohammad Said, mengharapkan kepada anggota PPS yang terpilih dapat bekerja dengan penuh rasa tanggungjawab dan dapat bekerjasama dengan sesama panitia pemilu sehingga tugas yang telah dibebankan bisa terlaksana dengan lancar dan sukses.

Ketua Pokja, Armia M. Nur mengatakan, pendaftaran penerimaan PPS dimulai sejak tanggal 22 sampai 28 Januari 2018 dengan jumlah pendaftar sebanyak 751 orang dari 68 desa. Dari jumlah tersebut ada beberapa desa dengan jumlah peserta yang mendaftar melebihi 20 orang namun ada beberapa yang dibawah syarat minimum penerimaan PPS. Dari hasil seleksi ujian tulis yang dilaksanakan pada 4 Februari 2018 peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti tes seleksi wawancara berjumlah 6 orang dari tiap-tiap desa. Kemudian ditetapkan 3 orang yang terpilih dan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai PPS sementara 3 lainnya ditetapkan sebagai cadangan. (Admin)

KIP Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe yang Berlokasi Di Jl. Antara No. 4A Desa Kampung Jawa Baru Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe - 24352 Website : www.kiplhokseumawe.com, Phone : +62645-630901 email : info@kiplhokseumawe.com
KIP Lhokseumawe

Leave a Reply