SOSIALISASI DANA KAMPANYE DAN ALAT PERAGA KAMPANYE KEPADA PARTAI POLITIK

 

Image00003AMenjelang tahapan penyerahan dana kampanye Pemilihan Umum 2019 mendatang, Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada partai politik peserta Pemilu 2019.

Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd Tasar menjadi pembicara Bimtek Dana Kampanye dalam penyelenggaraan tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019 di ruang pertemuan Harun Square Hotel, Kamis (13/9).

“Bimtek ini secara garis besar bertujuan meningkatkan pemahaman aspek regulasi pelaksanaan kampanye. Kegiatan ini juga untuk menginventarisir masalah, sehingga diharapkan akan mampu mendeteksi kemungkinan potensi permasalahan yang akan berimplementasi pada pelanggaran kampanye yang dapat berujung pada sengketa hukum,” ujar Ketua KIP, Mohd Tasar, saat membuka Bimtek.

“Sebelum dimulainya kampanye pada 23 September, maka tanggal 22 September itu masing-masing partai politik selaku peserta Pemilu 2019 harus menyerahkan laporan awal dana kampanye, laporan itu berisi tentang dana yang sudah disiapkan untuk kampanye, baik yang berasal dari pasangan calon atau dari partai politik ataupun dari sumbangan-sumbangan perseorangan, corporate maupun kelompok atau badan usaha non pemerintah, “sambungnya.

Dia mencontohkan, jika terdapat parpol atau pengurus parpol yang terlambat menyerahkan laporan awal dana kampanye, maka, sebagaimana dalam regulasi yang berlaku akan dikenakan sanksi. Sanksi yang dikenakan bisa dibatalkannya parpol tersebut sebagai peserta Pemilu.

Alat Peraga Kampanye (APK)

Sementara itu, Anggota Komisioner KIP Kota Lhokseumawe, Muchtar Yusuf menyarankan kepada pengurus partai peserta Pemilu untuk segera membuat design Alat Peraga Kampanye. “Karena pada 23 September 2018 masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilihan Umum 2019 sudah dimulai,” jelas Muchtar Yusuf selaku pemateri sosialisasi Alat Peraga Kampanye (APK).

Image00001CDalam materi yang disampaikan, pada saat kampanye nanti perlu adanya spanduk atau baliho (alat peraga kampanye) harus sesuai ketentuan/peraturan KPU tentang kampanye. Termasuk jenis dan jumlah APK; mekanisme penyerahan APK; mekanisme pemasangan, pemeliharaan, penggantian dan penurunan APK; dan desain APK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sesuai dengan Keputusan KPU Republik Indonesia, kampanye akan dimulai pada tanggal 23 September 2018, sebagai pembuka masing-masing daerah diwajibkan menggelar deklarasi kampanye damai secara serentak.

Bimtek diikuti 17 peserta yang terdiri dari perwakilan partai politik, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan beberapa tamu undangan Muspika se-kota Lhokseumawe. (admin)

KIP Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe yang Berlokasi Di Jl. Antara No. 4A Desa Kampung Jawa Baru Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe - 24352 Website : www.kiplhokseumawe.com, Phone : +62645-630901 email : info@kiplhokseumawe.com
KIP Lhokseumawe

Leave a Reply