KIP KOTA LHOKSEUMAWE MEMBUKA POSKO GERAKAN MELINDUNGI HAK PILIH #GMHP

#GMHP

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe kembali melakukan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tingkat Kota Lhokseumawe dalam Pemilihan Umum tahun 2019. Hal ini dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran KPU Republik Indonesia Nomor 1099/PL.02.1-SD/01/KPU/IX/2018 tanggal 20 September 2018 perihal Penyempurnaan Daftar Pemilh Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-1). Demikian disampaikan anggota KIP Kota Lhokseumawe yang membidangi Divisi Perencanaan dan Data, Zainal Bakri, S.Sos, M.Kom.I saat mengisi Bimbingan Teknis Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) di Aula Kantor Kecamatan Muara Dua, Rabu (03/10/2018).

Penyempurnaan DPTHP-1 dilakukan dengan membuka Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang dimulai sejak 1 – 28 Oktober 2018. GMHP ini merupakan bentuk layanan dari KPU dalam rangka melindungi hak pilih serta melayani jika ada masukan tanggapan dari masyarakat, peserta pemilu, parpol, pengawas pemilu terkait dengan DPT yang sudah ditetapkan.

“Kegiatan penyempurnaan DPTHP-1 meliputi; mengeluarkan data pemilih dari DPTHP-1 apabila masih ditemukan pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). Pemilih TMS tersebut di antaranya pemilih ganda, pemilih pemula yang belum berusia 17 tahun saat hari pemungutan suara dan belum menikah, pemilih yang telah meninggal dan lainnya. Selain itu juga memasukkan data pemilih apabila masih ditemukan pemilih yang belum terdaftar dalam DPT lewat mekanisme verifikasi faktual,” papar Zainal Bakri.

Kemudian lanjut Zainal Bakri, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan menyisir kembali daftar pemilih untuk memastikan agar seluruh masyarakat di desa masing-masing sudah mempunyai hak pilihnya dan memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar pada Pemilu 2019.

Zainal Bakri juga mengharapkan kepada PPK dan PPS untuk dapat mengajak masyarakat melakukan dua hal. “Pertama, masyarakat mau mendatangi kantor desa untuk mengecek apakah sudah terdaftar atau belum. Kedua, melakukan pengecekan di website dengan alamat www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id,” katanya. (admin)

KIP Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe yang Berlokasi Di Jl. Antara No. 4A Desa Kampung Jawa Baru Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe - 24352 Website : www.kiplhokseumawe.com, Phone : +62645-630901 email : info@kiplhokseumawe.com
KIP Lhokseumawe

Leave a Reply