Monitoring Posko Layanan GMHP & Sosialisasi Pemilih Pemula ke Sekolah

Kegiatan Monitoring GMHP di Gampong Hagu Barat Laut
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, melakukan pengecekan ke posko-posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) guna memastikan terlaksananya pelayanan yang maksimal oleh penyelenggara pemilu di tingkat gampong dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pemilih. Kunjungan dilakukan pada dua lokasi, yaitu Posko GMHP Gampong Hagu Barat Laut dan Gampong Kota Lhokseumawe di Kecamatan Banda Sakti, Rabu (17/10/2018).

Gerakan Melindungi Hak Pilih merupakan gerakan yang dilaksanakan oleh jajaran KPU di seluruh Indonesia, sesuai dengan instruksi KPU Pusat melalui surat Nomor 1099 tertanggal 20 September 2018. “Hari ini kami diminta untuk melakukan pengecekan ke posko-posko dengan melibatkan para stake holder daerah, pimpinan partai politik, caleg, serta unsur terkait lainnya,” kata Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KIP Kota Lhokseumawe, Zainal Bakri.

Dalam pengecekan tersebut, katanya, dilakukan uji petik terhadap sejumlah warga dan petugas di kantor keuchik apakah mereka sudah terdaftar dalam DPT atau belum. “Alhamdulilalh, dari semua orang yang kita masukkan nama dan NIK mereka ke sistem data pemilih KPU, semuanya sudah terdata. Di dua gampong yang kita datangi, mereka sudah masuk DPT,” katanya.

Ia berharap ke jajaran PPS dan PPK untuk terus melayani masyarakat melalui GMHP ini hingga 28 Oktober mendatang. “Meskipun dalam uji petik ini semua warga yang kita coba periksa NIK-nya sudah terdaftar, tetapi tentu masih ada warga lain yang baru memiliki KTP elektronik yang belum kita masuk dalam DPTHP1, maka harus kita daftarkan untuk menjadi pemilih,” ujarnya.

Selain memasukkan pemilih baru yang belum terdaftar, KPU juga menginstruksikan agar membersihkan DPTHP1 dari pemilih lain yang sudah tidak memenuhi syarat.

Sosialisasi Pemilih Pemula_06
Pada hari yang sama, sejumlah komisioner KIP Kota Lhokseumawe bersama staf juga berkunjung ke sekolah-sekolah, pesantren dan kampus dalam wilayah Kota Lhokseumawe untuk memberikan sosialisasi terkait Pemilu 2019. Kunjungan ke lembaga pendidikan ini untuk memberikan pemahaman terkait pemilu kepada pemilih pemula. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 20 Oktober 2018. (admin)

Galery Foto:

Kegiatan Monitoring GMHP di Gampong Hagu Barat LautKegiatan Monitoring GMHP di Gampong Hagu Barat LautSosialisasi Pemilih PemulaSosialisasi Pemilih Pemula di SMK 5 LhokseumaweSosialisasi Pemilih PemulaSosialisasi Pemilih PemulaSosialisasi Pemilih Pemula di SMA Arun LhokseumaweSosialisasi Pemilih Pemula di SMA Arun Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe
Jl. T. Ibrahim Agoeng No. 3 (Belakang Hotel Lido Graha)
Uteunkot Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe - 24351
KIP Lhokseumawe

Leave a Reply