Rakor Persiapan Pembentukan KPPS

Image0001

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Lhokseumawe dalam rangka persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Serentak tahun 2019, Senin, (18/02/2019).

Bertempat di ruang pertemuan Harun Square Hotel Lhokseumawe, rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar. “Hari ini kita perlu menyamakan pemahaman terkait ketentuan teknis dalam hal merekrut KPPS agar proses rekrutmen yang kita lakukan nanti benar-benar sesuai dengan regulasi yang ada,” ujar  Mohd Tasar saat memberikan sambutannya.

Ia menjelaskan, dalam perekrutan KPPS nanti akan dilakukan oleh PPS di tingkat gampong masing-masing sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang berlaku. KIP Kota Lhokseumawe, katanya, akan memonitoring dan mengevaluasi proses perekrutan.

Selain itu, kata dia, KIP dan jajarannya harus berupaya untuk saling melakukan koordinasi dan komunikasi dengan baik sesama penyelenggara agar setiap tahapan yang dilakukan tidak berdampak buruk yang dapat menimbulkan gugatan serta sengketa.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Muchtar Yusuf, memaparkan bahwa rapat koordinasi ini dilakukan mengingat pembentukan KPPS akan dilaksanakan sesuai tahapan yang terjadwal dari tanggal 28 Februari hingga 5 Maret 2019. “Rapat ini dilakukan guna memberikan pemahaman terkait aturan agar pembentukan KPPS dapat berjalan lancar,.” ujarnya.

Image00003

Ia menyebutkan PPK wajib melakukan pendampingan karena pembentukan KPPS tidak sederhana. Jangan sampai ada kesalahpahaman dalam perekrutan maka diharapkan agar merekrut orang-orang yang tepat dan layak serta tidak memiliki hubungan dengan partai politik.

Acara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh Ketua dan anggota Komisioner KIP Kota Lhokseumawe, Plt Sekretaris KIP Kota Lhokseumawe serta jajarannya, anggota PPK, dan anggota PPS se-Kota Lhokseumawe. (admin)

KIP Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe
Jl. T. Ibrahim Agoeng No. 3 (Belakang Hotel Lido Graha)
Uteunkot Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe - 24351
KIP Lhokseumawe

Leave a Reply