KIP Kota Lhokseumawe Gelar Simulasi Pemilu 2019

IMG20190411143444_c

Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar meninjau proses simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di halaman Kantor KIP Kota Lhokseumawe.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara menjelang hari pemungutan dan penghitungan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang. simulasi ini digelar di halaman Kantor KIP, Jalan T. Ibrahim Agoeng, Gampong Uteunkot, Lhokseumawe, Kamis (11/4/2019).

Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar berharap kegiatan tersebut dapat mengedukasi warga Kota Lhokseumawe, terutama pemilih pemula yang baru pertama kalinya menggunakan hak politiknya. “PPK, PPS dan KPPS juga harus mengikuti simulasi ini dengan baik, agar bisa memahami secara detail,” katanya.

Saat ini, katanya, acuan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 tahun 2019 perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum.

“Dengan adanya simulasi ini, masyarakat pemilih menjadi memahami bagaimana proses pelaksanaan di hari H nanti. Petugas PPK, PPS dan KPPS juga mendapat gambaran bagaimana pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2019,” katanya.

Simulasi tersebut diikuti oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Relawan Demokrasi Kota Lhokseumawe. Selain itu juga dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Lhokseumawe dan Muspika se-Kota Lhokseumawe. (admin)

Petugas KPPS mengucapkan sumpah sebelum pemungutan dimulai pada simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di halaman Kantor KIP Kota LhokseumaweSalah satu pemilih memasukkan surat suara yang telah dicoblos pada simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di halaman Kantor KIP Kota Lhokseumawe

Dua pemilih pemula memasukkan surat suara yang telah dicoblos saat menggunakan hak pilihnya pada simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di halaman Kantor KIP Kota Lhokseumawe

Petugas KPPS menunjukkan kertas suara yang keliru coblos setelah seorang pemilih mengembalikan surat suara kepada petugas.

Sejumlah undangan dan pemilih yang hadir pada simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 20129 di halaman Kantor KIP Kota Lhokseumawe

 

KIP Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe
Jl. T. Ibrahim Agoeng No. 3 (Belakang Hotel Lido Graha)
Uteunkot Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe - 24351
KIP Lhokseumawe

Leave a Reply