jeli-lihat-peluang-pembuat-boneka-alih-profesi-jadi-produksi-masker-2FGP7ifwx8

Cara Menggunakan Masker Kain agar Lebih Efektif Mencegah Virus Corona

Walau disebut kurang efektif dibandingkan jenis masker lain, bukan berarti masker kain tidak layak digunakan sama sekali. Karena keterbatasan jumlah masker yang ideal untuk mencegah virus Corona, masker kain pun bisa dijadikan pilihan terakhir untuk melindungi Anda dari paparan virus Corona.

Hal ini dianggap lebih baik daripada tidak mengenakan masker sama sekali ketika Anda batuk dan bersin atau ketika Anda berdekatan dengan orang lain yang mungkin sudah terinfeksi virus Corona.

Agar masker kain tetap aman dan efektif digunakan, coba ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu Anda.
  • Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.
  • Saat masker kain digunakan, hindari menyentuh masker. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kain yang sedang digunakan.
  • Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen.
  • Segera ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

Tips Mencegah Virus Corona

Agar terhindar dari penularan virus Corona penyebab COVID-19, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri, yaitu:

  • Rutin mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik. Jika tidak ada air dan sabun, gunakanlah hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%.
  • Tutup hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.
  • Hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut.
  • Terapkan physical distancing dengan tetap belajar, beribadah, dan bekerja di rumah.
  • Jagalah daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga di dalam rumah, mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen, mengurangi stres, tidur yang cukup, dan tidak merokok.

Mengenakan masker kain mungkin tidak sepenuhnya efektif melindungi diri Anda dari virus Corona. Namun, hal tersebut setidaknya dapat mencegah penularan virus ke orang lain, jika Anda menderita COVID-19. (Ris/KIPLSW)

BANER WEB MASKER KIP LSM

KIP Lhokseumawe

KIP Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe
Jl. T. Ibrahim Agoeng No. 3 (Belakang Hotel Lido Graha)
Uteunkot Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe - 24351
KIP Lhokseumawe

Leave a Reply