Tindaklanjuti Surat KPU, KIP Berkoordinasi dengan Dinas Catatan Sipil

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, Rabu, 10 Meret 2021 dalam rangka Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Rombongan diterima langsung oleh kepala dinas, sekretaris dinas, dan kepala seksi yang membidangi data.

Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar, BA. MA, mengatakan, kunjungan ini sekaligus menindak lanjuti perintah KPU yang meminta KPU/KIP Kabupaten Kota untuk berkoordinasi dengan dinas terkait, sebelum KPU mendapatkan data kependudukan hasil konsolidasi dari pemerintah.

“Kunjungan kami kali ini adalah dalam kaitan melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab kami sebagaimana perintah KPU yang tertuang dalam Surat Nomor 132 tertanggal 4 Februari 2021,” kata Mohd. Tasar.

Dalam kunjungan ini juga turut serta para komisioner lainnya, Kepala Sekretariat KIP dan Kasubbag Program dan Data serta Ketua dan anggota Panwaslih Kota Lhokseumawe.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KIP Kota Lhokseumawe, Zainal Bakri, S.Sos., M.Kom.I mengatakan, selain KIP Kota Lhokseumawe, seluruh KPU juga berkewajiban untuk memelihara dan memutakhirkan data pemilih secara berkelanjutan.

“Dalam pasal 20 huruf (i) disebutkan bahwa KPU kabupaten/kota melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan. Data yang sudah dipleno setiap bulannya dikirim ke KIP Aceh dan diteruskan ke KPU,” katanya.

%d bloggers like this: