Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan | Maret 2021

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe menggelar Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021 Periode Maret 2021, yang dilaksanakan di Aula Center KIP Kota Lhokseumawe, Kamis (01/04/2021).

Rakor yang dilaksanakan sampai satu jam tersebut diikuti seluruh Komisioner serta Kepala Sekretariat KIP Kota Lhokseumawe dan dihadiri juga Ketua dan Anggota Panwaslih Kota Lhokseumawe, Perwakilan Kapolres Kota Lhokseumawe, Perwakilan Dandim 0103/Aceh Utara, Perwakilan Disdukcapil Kota Lhokseumawe, serta Perwakilan dari Partai Politik.

Dalam sambutan dan arahannya Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar, BA., MA. menyampaikan pentingnya proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan untuk memudahkan proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan. “Selain itu, proses Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini merupakan salah satu upaya keterbukaan KIP Kota Lhokseumawe terkait jumlah daftar pemilih,” jelas Mohd. Tasar.

“Tentunya dalam upaya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KIP Kota Lhokseumawe memerlukan dukungan, saran, dan tanggapan dari stakeholder terkait,” lanjut Mohd. Tasar.

Sementara itu Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Zainal Bakri, S.Sos., M.Kom.I., memaparkan secara konkret bahwa Berdasarkan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

KIP Kota Lhokseumawe telah melakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan sampai dengan Bulan Maret 2021 ini, dengan jumlah Pemilih sebanyak 131.032 “Dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 63.954 dan pemilih perempuan sebanyak 67.078, yang tersebar di 4 kecamatan,” terang Zainal.

Zainal Bakri juga menambahkan bahwa, KIP Kota Lhokseumawe berupaya melakukan koordinasi dengan Dandim 0103 Aceh Utara serta Polres Kota Lhokseumawe, untuk menginformasikan perubahan status kependudukan TNI/POLRI yang telah memasuki masa purnawirawan atau purna tugas,” pungkas Zainai dihadapan peserta.

Untuk Berita Acara Hasil Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Maret 2021 dapat di download disini :

%d bloggers like this: