KIP Gelar Pengajian Perdana di Bulan Ramadhan

Mengawali bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M, KIP Kota Lhokseumawe gelar pengajian perdana bertempat di ruang pertemuan Kantor KIP Kota Lhokseumawe, Jumat, 16/04/2021. Tema pengajian kali ini masih tentang bagimana meningkatkan nilai-nilai ibadah puasa serta memahami hal-hal yang membatalkan pahala puasa.

Pengajian dibuka oleh Kepala Sekretariat KIP Kota Lhokseumawe, T Joan Virgianshah, S.STP., MSP. Ia mengajak semua peserta pengajian untuk senantiasa mensyukuri semua nikmat Allah SWT, termasuk kesehatan dan umur panjang.
“Kita harus sangat bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT, di antaranya adalah masih bisa beraktifitas ke kantor dan memperoleh ilmu agama di kantor. Seperti yang telah direncanakan bahwa selama bulan Ramadhan, pengajian akan digelar setiap hari Jumat,” katanya.

Sebelumnya pengajian rutin di lingkungan Sekretariat KIP Kota lhokseumawe digelar dua kali dalam sebulan. Sementara selama bulan Ramadhan ditingkatkan menjadi empat kali dalam sebulan.

Salah satu hal penting yang disampaikan Teungku Mukhtar dalam pengajian kali ini adalah tentang masih banyaknya umat muslim yang gagal memaknai hakikat berpuasa. “Esensi berpuasa adalah mengekang hawa nafsu. Namun saat ini masih banyak orang yang belum mampu melakukan itu,” katanya.

Sepanjang hari, katanya, kita menahan diri dari rasa haus dan lapar. “Namun ap ayang terjadi saat berbuka? Kita seakan balas dendam sampai-sampai perut kita penuh sesak dan tak lagi kuat untuk bangkit melaksanakan shalat Maghrib. Bukan seperti ini yang rasul ajarkan,” katanya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: