KIP Kota Lhokseumawe Daring FGD Dengan KPU RI

KIP Kota Lhokseumawe mengikuti rapat Focus Group Discussion (FGD) Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan via aplikasi zoom meeting yang diselenggarakan oleh KPU Republik Indonesia, pada hari Kamis 20/05/2021.

Hadir dalam rapat tersebut yaitu Anggota KIP Kota Lhokseumawe Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih & Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muchtar, SE dan Kasubbag Teknis dan Hupmas, Yuni Raziati, S.Sos. Kegiatan ini juga diikuti oleh Ketua dan Anggota beserta Sekretaris dan Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU/KIP Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Pada FGD daring tersebut menghadirkan secara virtual beberapa peserta sebagai pemateri diantaranya I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI; Dr. Drs. Bahtiar, M.Si, Dirjend Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri; Drs. H. Luthfy Latief, M.Si, Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal; Sekretaris Jenderal KIPP, Direktur Perludem, Ketua Departemen Sosiologi Universitas Indonesia, dan Dosen serta Akademisi dari Universitas-universitas ternama di Indonesia.

Pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan sebagaimana tertuang dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Kepedulian Masyarakat dalam konteks Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan akan membawa mereka untuk aktif adalah tujuan utama dari program ini. Adapun tujuan dibentuknya program tersebut yaitu untuk membangun pendidikan politik dan peningkatan partisipasi,” kata Muchtar.

Ia menambahkan, Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan diharapkan masyarakat tidak hanya sekedar berpartisipasi pada saat pemungutan suara, tetapi juga aktif pada seluruh tahapan Pemilu dan Pemilihan. Sehingga masyarakat nantinya bisa lebih aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu yang bersih dan berkualitas. (Administrator)

Leave a Reply

%d bloggers like this: