KIP Kota Lhokseumawe Gelar Rakor DPB Periode Mei 2021

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) KIP Kota Lhokseumawe, periode Mei 2021 dilakukan pada hari Senin, 31 Mei 2021 bertempat di Ruang Media Center. Rapat dibuka oleh ketua, Mohd. Tasar, BA., MA dan dihadiri para komisioner, kepala sekretariat serta para kasubbag.

Pada bulan lalu jumlah DPB Kota Lhokseumawe sebanyak 131.150, sedangkan pada bulan Mei 2021 sebanyak 131.212. Terdapat penambahan sebanyak 62 pemilih. “Meski jumlah DPB yang kita susun bulan ini penambahannya tidak maksimal, namun ini hasil kerja keras kita melakukan upaya jemput bola ke lapangan,” kata Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar, BA,. MA.

Jajaran KIP Kota Lhokseumawe, sebutnya, akan terus melakukan upaya-upaya lain untuk mendapatkan data baru dengan menjalin koordinasi dan komunikasi lintas instansi. “Jika sebelumnya kita mendatangi sekolah-sekolah untuk mendapatkan data pemilih baru, ke depan kita juga akan berkoordinasi dengan para kepala desa. Dalam waktu dekat ini kita akan gelar pertemuan dengan semua kepala desa dalam wilayah Kota Lhokseumawe untuk membicarakan masalah data pemilih,” imbuhnya.

Selain dengan kepala desa, katanya, KIP juga sudah menjalin komunikasi ulang untuk berkoordinasi dengan beberapa kampus yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KIP Kota Lhokseumawe, Zainal Bakri, S.Sos,. M.Kom.I mengatakan, ada 106 pemilih baru yang berhasil didata di bulan Mei ini. “Sebenarnya data pemilih baru yang berhasil kita kumpulkan cukup banyak, mencapai 106 pemilih. Namun di sisi lain, jumlah pemilih yang harus kita hapus atau yang masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS) juga banyak,” katanya.

Kategori TMS ini seluruhnya mencapai 44 orang yang terdiri pemilih meninggal 39 orang dan pindah domisili 5 orang. “Hal ini yang membuat penambahan jumlah pemilih kita dari bulan lalu dan bulan ini hanya berjumlah 62 orang,” paparnya.

Rapat koordinasi bulan ini masih berlangsung tertutup. Sesuai dengan surat edaran KPU RI Nomor 366 tertanggal 21 April 2021 perubahan atas Surat Nomor 132 tertanggal 4 Februari 2021, rapat koordinasi terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dilakukan dua kali tertutup dan satu kali terbuka. Rapat koordinasi bulan berikutnya akan dilakukan secara terbuka dengan mengundang semua stakeholder.

Leave a Reply

%d bloggers like this: