KIP Kota Lhokseumawe Bahas Mekanisme dan Kebijakan PAW

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe menggelar kegiatan Rapat membahas Mekanisme dan Kebijakan Pergantian Antar Waktu (PAW) terkait anggota DPR, DPD, dan DPRD. Acara berlangsung di Media Center KIP Lhokseumawe, Senin, (15/6/2021).

Rapat diikuti oleh Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar, B.A.,MA., Anggota Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, T. Marbawi, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Zainal Bakri, S.Sos, M.Kom.I, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih & Parmas dan SDM, Muchtar Yusuf, SE, Divisi Hukum dan Pengawasan, Mulyadi dan Kepala Sekretariat, T. Joan Virgianshah, S.STP.,MSP beserta jajaran stafnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, T. Marbawi mengatakan rapat PAW ini bertujuan untuk terbentuknya pengetahuan dan pemahaman yang sama terkait bagaimana proses PAW seharusnya. “Setelah dimulai tahapan pencalonan dan selesainya tahapan,” katanya.

Ia menambahkan, PAW Anggota DPR, DPD, dan DPRD merupakan proses pergantian Anggota Dewan yang berhenti antar waktu untuk digantikan oleh Calon Pengganti Antar Waktu yang menduduki perolehan suara terbanyak berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Parpol yang sama di Daerah Pemilihan (Dapil) yang sama pula.

Terkait mekanisme PAW, menurut T. Marbawi diawali dengan penyampaian surat dari Pimpinan DPRD terkait nama Anggota DPRD yang berhenti antar waktu ke Komisi Independen Pemilihan, pungkasnya.

Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar, BA, MA, mengatakan bahwa KIP lebih menjadi sebagai media administratif, dan tidak ada aspek politis dalam proses PAW. Peran KIP ada saat penggantian, dan bukan pemberhentian. “Kita tidak mengeluarkan SK, terkait dengan surat yang disampaikan ke Pimpinan Dewan, yang dilampirkan hanya BA (berita acara)”, jelasnya.

Mohd Tasar berharap, bila kedepan muncul persoalan-persoalan terkait PAW di DPR, DPD, dan DPRD di Kota Lhokseumawe, kita akan membantu melancarkan proses PAW dengan membangun komunikasi dengan pihak terkait mengenai hal ini. (admin)

Leave a Reply

%d bloggers like this: