Uji Petik Data Pemilih, Panwaslih Koordinasi dengan KIP

Lakukan uji petik data pemilih bekelanjutan (DPB), Panwaslih Kota Lhokseumawe berkoordinasi dengan KIP Kota Lhokseumawe, Selasa 22 Juni 2021. Pertemuan digelar di Ruang Media Center KIP Kota Lhokseumawe.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KIP Kota Lhokseumawe, Zainal Bakri, S.Sos., M.Kom.I menyebutkan, pihaknya siap membantu agar tugas yang dijalankan Panwaslih Kota Lhokseumawe berjalan dengan baik.

“Kami menyadari betul bahwa apa yang dilakukan teman-teman Panwaslih adalah bagian dari menjalankan tugas yang dibebankan Negara guna mengawasi dan memastikan data pemilih yang kami susun itu valid. Untuk itu kami siap membantu jika diperlukan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, T. Zulkarnaen, Ph.D, menyebutkan ada beberapa item yang akan dilakukan uji petik, di antaranya adalah pemilih pemula, pemilih yang sudah meninggal dunia, pensiunan TNI/Polri dan pindah domisili.

“Kami akan gunakan DPB yang sudah ditetapkan oleh KIP pada bulan Mei lalu sebagai basis data untuk kami lakukan uji petik. Hari ini dua tim sudah kami turunkan ke lapangan untuk melakukan pemetaan terhadap pemilih yang sudah kami tentukan dan besok akan dilakukan uji petik pada yang bersangkutan,” katanya.

Selain itu, tambahnya uji petik dilakukan pada 10 persen pemilih yang memiliki jumlah lebih dari 100 orang untuk masing-masing item dan 20 persen untuk yang di bawah 100 orang. “Misalkan kemarin ada lebih dari 100 pemilih pemula dalam DPB bulan Mei, berarti kami ambil sampel 10 persen. Jika di bawah itu 20 persen,” katanya didampingi anggota Panwaslih, Sofhia Annisa, M.Pd dan Koordinator Sekretariat, Santi Setiawati, SE.

Pertemuan dengan Panwaslih kali ini ini juga dihadiri Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Mulyadi serta Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, T Marbawi serta Kepala Sekretariat, T Joan Virgianshah, S.STP,. MSP.

Leave a Reply

%d bloggers like this: