KIP Kota Lhokseumawe Tetapkan DPB Triwulan III Sebanyak 131.547 Pemilih

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe gelar Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode September 2021, Kamis, 30 September 2021 bertempat di Aula Kantor KIP Lhokseumawe di Jalan T. Ibrahim Agoeng Nomor 3, Uteunkot, Muara Dua, Lhokseumawe.

Rapat kali ini juga merupakan rapat koordinasi triwulan ketiga di tahun ini yang digelar secara terbuka dengan mengundang panwaslih, para pengurus partai politik dan instansi terkait lainnya.

Rapat dibuka oleh Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar, BA,.MA dan dihadiri oleh seluruh komisioner serta kepala sekretariat. Dalam sambutannya, Tasar mengatakan, penyusunan data pemilih secara berkelanjutan merupakan bagian dari perintah Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Kami berkewajiban untuk menyusun DPB setiap bulannya. Partisipasi masyarakat dan stake holder lainnya tentu saja sangat kami harapkan. Lebih lagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, dimana ruang gerak kami untuk menjemput data ke lapangan menjadi sangat terbatas,” katanya.

KIP Kota Lhokseumawe, tambahnya, sudah menyiapkan nomor hotline yang bisa dihubungi 24 jam. Masyarakat bisa menggunakan nomor tersebut untuk mengirim data, jika ada di tengah keluarga mereka yang sudah berumur 17 tahun, untuk didaftarkan dalam data pemilih.

“Nomor ini sudah kita publikasikan melalui situs resmi KIP Kota Lhokseumawe, akun media sosial serta melalui spanduk yang pernah kita pasang di sejumlah titik. Namun partisipasi masyarakat dalam hal ini masih sangat minim,” katanya.

Untuk itu, dia berharap para pengurus partai politik berkenan untuk ikut mengimbau masyarakat agar lebih aktif dan lebih peduli pemilu.

Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) bulan September 2021 KIP Kota Lhokseumawe berjumlah 131.547 yang terdiri dari 64.229 pemilih laki-laki dan 67.318 pemilih perempuan. Jumlah ini meningkat dari DPB bulan sebelumnya sebanyak 131.467.

Dari jumlah DPB bulan ini juga diketahui terdapat sebanyak 118 pemilih baru. Sedangkan pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat sebanyak 38 pemilih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: