KIP dan Kesbangpol Bahas Zonasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye

LHOKSEUMAWE – Penentuan zonasi pemasangan alat peraga untuk kontestan pemilu masih dibahas oleh KIP Lhokseumawe, dan Kesbangpol dan Linmas Lhokseumawe.

Pertemuan pada Kamis (11/9) di Kantor Kesbangpol, Jalan Samudera, Lhokseumawe. Ketua Pokja Kampanye KIP Lhokseumawe, Yuswardi Mustafa SAg, Ketua Pokja Divisi Sosialisasi Pemilih, Pengembangan SDM Armia M Nur, Sekretaris KIP Muhammad Rizal, serta Kepala Badan Kesbang Pol Lhokseumawe, Drs Taufan MSi, membahas tentang zonasi di 68 gampong dalam wilayah Kota Lhokseumawe, yang nantinya akan dipasang spanduk oleh kontestan pemilu.

Untuk mematangkan rencana ini, Taufan mengaku akan memberitahukan pada wali kota. Dan, kemungkinan akan memanggil kepala desa untuk mematangkan program ini.

Menurut Yuswardi, KIP harus duduk dengan Kesbangpol karena lembaga ini mitra dalam penyelenggaraan pemilu. Kemudian amanah aturan bahwa untuk menentukan zonasi kampanye dibutuhkan keterlibatan pemerintah daerah.

Ia menjelaskan, KIP berpacu dengan waktu untuk menentukan mana saja tempat yang boleh pasang spanduk oleh caleg dan tempat mana saja yang boleh pasang baliho partai.

PKPU Nomor 15 tahun 2013 yang merupakan perubahan dari PKPU Nomor 1 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksaan Kampanye Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah telah mengatur secara jelas tentang makanisme pemasangan alat peraga.
Dalam pasal 17 poin b dinyatakan, peserta pemilu dapat memasang alat peraga kampanye luar ruangan dengan ketentuan:

  1. Baliho atau papan reklame (bilboard) hanya diperuntukkan bagi partai politik 1 (satu) unit untuk 1     (satu) desa/kelurahan atau nama lainnya membuat informasi, nomor, dan tanda gambar partai politik dan/atau visi, misi, program, jargon, foto pengurus partai politik yang bukan calon anggota DPR dan DPRD.
  2. Calon anggota DPD dapat memasang baliho atau papan reklame (bilboard) 1 (satu) unit untuk 1 (satu) desa/kelurahan atau nama lainnya.
  3. Bendera dan umbul-umbul hanya dapat dipasang oleh partai politik dan calon anggota DPD pada zona atau wilayah yang ditetapkan oleh KPU, KPU/KIP provinsi, dan atau KPU/KIP kabupaten/kota bersama pemerintah daerah.
  4. Spanduk dapat dipasang oleh partai politik dan calon anggota DPR,DPD dan DPRD dengan ukuran maksimal 1,5 x 7 meter 1 (satu) unit pada 1 (satu) zona atau wilayah yang ditetapkan oleh KPU, KPU/KIP provinsi atau KPU/KIP kabupaten dan kota bersama pemerintah daerah.
KIP Kota Lhokseumawe

KIP Kota Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe yang Berlokasi Di Jl. Antara No. 4A Desa Kampung Jawa Baru Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe - 24352 Website : www.kiplhokseumawe.com, Phone : +62645-630901 email : info@kiplhokseumawe.com
KIP Kota Lhokseumawe

Leave a Reply