Pers Rilis

Pemungutan suara untuk pemilu legislatif tersisa 14 hari lagi. Rabu, 9 april 2014, sekitar 120,834 pemilih akan menuju bilik suara yang tersebar di 277 Tempat Pemungutan Suara (TPS) total pemilih untuk Kecamatan Muara Dua 30.730, Banda Sakti 53.461, Blang Mangat, 14.537, dan Kecamatan Muara Satu 22.106.

Mereka akan menentukan pilihan dengan mencoblos calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR/RI). Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, dan anggota dewan perwakilan rakyat untuk kota Lhokseumawe.

Proses menuju kursi permanen untuk menjelang DPR/RI, DPD,  DPRA, dan DPRK sangat kompetitif. Untuk wilayah Lhokseumawe, jumlah kursi yang disediakan untuk DPRK sebanyak 25 kursi. Sedangkan jumlah Caleg yang di daftarkan oleh 14 Parpol perserta pemilu untuk DPRK Lhokseumawe mencapai 336 orang.

Perlu kami jelaskan bahwa KIP, PPK, PPS, dan KPPS tidak punya kekuatan untuk menambah atau mengurangi suara kontestan pemilu. Kami hanya sebagai Panitia yang mempersiapkan supaya acara berlangsung Demokratis, jujur, adil, dan bermartabat. Kami diikat oleh aturan terkait pemumungutan dan perhitungfan di TPS. Kami berharap partai Politik dan DPD menenpatkan saksi mereka di setiap TPS pada hari pemungutan suara. Kami membuka ruang bagi saksi, pengawas pemilu kecamatan, pemantau, dan masyarakat untuk melihat proses pemilihan dari awal sampai akhir. Transparasi menjadi modal bagi kami penyelenggara pemilu dan ini akan menjadi komitmen kami selama ini.

Mendekati waktu pemungutan suara, KIP Lhokseumawe sudah melakukan berbagai persiapan yang tertuang dalam tahapan pemilu 2014. Sebagai langkah awal, KIP sudah menyampaikan berbagai aturan terkait pemilu pada Parpol, pertemuan dengan Parpol untuk membahas dan penetapan DPT, Validasi surat suara, pengenalan Specimen surat Suara Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD, dan DPRK, serta membahas tentang kampanye terbuka. Rekrutment KPPS telah dilakukan, serta pembentukan TPS di setiap desa dalam 4 kecamatan dalam wilayah Kota Lhokseumawe. Total jumlah TPS sebanya 277 TPS yang tersebar di 80 titik. Kecamatan Banda Sakti 114 TPS, Muara Dua 71 TPS, Blang Mangat 43 TPS dan Muara Satu sebanyak 49 TPS.

Kemudian, tahapan Krusial dalam pemilu menyangkut laporan dana Kampanye sudah kami lakukan.”semua Parpol sudah melaporkan dana kampanye, dan pembukaan rekening dana kampanye sesuai ketentuan dan batas waktu yang di tetapkan KPU”.

Kemudian persiapan lain yang dilakukan adalah pengenalan surat suara serta tatacara coblos pada Parpol, disabilitas, pemilih pemula, serta pendalaman penguatan pengetahuan Relawan Demokrasi terkait pemungutan suara. Langkah berikut yang sudah dilakukan adalah pelibatan surat suara untuk keempat jenjang. Surat suara segera didistribusikan ke TPS masing – masing melalui PPK.

PPK, PPS, dan KPPS tidak luput dari perhatian KIP. Mereka di bekali tentang tata cara perhitungan suara. Target kami, KPPS nantinya tidak kelabakan saat menisi berita acara pemungutan suara pada tanggal 9 April 2014. Banyak kegiatan lain yang sudah kami lakukan untuk mensukseskan pemilu. Kami mengajak warga yang sudah berumur 17 tahun, sudah menikah, serta terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) agar datang ke TPS. Mari sama –sama kita sukses pemilu pada tanggal 9 April 2014. Akhirnya, kami minta Parpol supaya menertibkan alat peraga kampanye pada saat minggu tenang, dan batas akhirnya 1 hari sebelum pemungutan suara.

KIP Kota Lhokseumawe

KIP Kota Lhokseumawe

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe yang Berlokasi Di Jl. Antara No. 4A Desa Kampung Jawa Baru Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe - 24352 Website : www.kiplhokseumawe.com, Phone : +62645-630901 email : info@kiplhokseumawe.com
KIP Kota Lhokseumawe

Leave a Reply