wp-1475853134510.jpeg

KIP Lhokseumawe Bekali PPK dan PPS Tentang Verifikasi Faktual Perbaikan Dukungan Balon Perseorangan

LHOKSEUMAWE -Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe memberi bimbingan teknis tentang tata cara verifikasi faktual perbaikan dukungan bakal calon perseorangan dalam Pilkada serentak 2017 kepada PPK dan PPS se Kota Lhokseumawe, acara ini berlangsung di Hotel Lido Graha, Jumat (7/10).

BIMTEK – PPK dan PPS dalam wilayah Kota Lhokseumawe, Jumat (7/10) ikut bimtek verifikasi faktual di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe.

Komisioner KIP Dedy Syaputra SH MH dalam arahannya mengatakan, sebelum dilakukan penelitian faktual pada tanggal 12-17 Oktober 2016 ini, pihaknya mencoba mengidentifikasi masalah yang pernah terjadi sebelumnya yang tumpang tindih.
Menurutnya, proses penelitian faktual yang akan dilakukan pada tanggal 12-17 Oktober 2016 ini bersamaan dengan petugas PPS melakukan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran. “Ini perlu bagi tugas, karena harus sesuai dengan tahapan serta tahun berjalan,” ujar Dedy.

Pada kesempatan tersebut, Komisioner KIP Pokja Pencalonan, H. Yuswardi Mustafa, S.Ag,M.Kom.I dan Abdul Hakim SE menjelaskan, tentang tata cara verifikasi atau penelitian faktual perbaikan dukungan balon independen (perseorangan). Sehingga, tugas yang diemban oleh PPK dan PPS menjadi lebih mudah.

Tugas verifikasi faktual, kata dia, hanya dilakukan secara kolektif. Artinya, jumlah dukungan nama penduduk beserta copy KTP yang pada B1KWK perseorangan perbaikan bisa dikelompokkan. Hal ini guna memudahkan proses penelitian faktual nantinya.

“Pendukung bakal pasangan calon perseorangan yang memberikan dukungan kepada lebih dari satu bakal calon perseorangan, dukungannya hanya dihitung satu dukungan yang ditemukan pada saat penelitian faktual,” tandas Yuswaardi Mustafa.(Humas KIP)

Leave a Reply